Kerajinan Anak TK/SD DIY | Hiasan Kreatif Seperti Hujan

Kerajinan Anak TK/SD DIY | Hiasan Kreatif Seperti Hujan
Kerajinan Anak TK/SD DIY | Hiasan Kreatif Seperti Hujan

Ini adalah musim hujan di sebagian besar wilayah India dan akan sangat menyenangkan untuk membuat ponsel tema hujan ini. Jadi, mari kita mulai!

Oleh Vaishali Khandwala

Crafting adalah bentuk ekspresi dan saya percaya pada “Buat, Ekspresikan, Nikmati!” Ketika datang ke kerajinan untuk anak-anak, saya suka merancang kegiatan, di mana mereka dapat menjelajahi berbagai bahan. Ini adalah salah satu dari DIY yang dapat dilakukan dengan mudah untuk sumber bahan.

Bahan dasar yang dibutuhkan:

Pasang papan | Kertas grafik biru muda dan biru gelap | Abu-abu merasakan potongan | Benang / string. Anda dapat menggunakan yang terbuat dari kertas juga, yang dikenal sebagai Paper Raffia. | Pena sketsa atau pastel minyak 7 warna pelangi | Cupcake liners | Pembersih pipa | Sepasang gunting | Lem

Kami menciptakan ponsel untuk mendekorasi kamar anak. Ini akan menjadi ide bagus untuk menangguhkannya dari langit-langit atau Anda dapat menggantungnya di dinding juga. Pertama, Anda harus membuat semua elemen dan kemudian mengumpulkannya bersama-sama. Setiap elemen ponsel menggambarkan musim hujan — awan gelap, tetesan hujan, payung, pelangi!Dengan cara ini, anak-anak akan belajar tentang musim hujan melalui kerajinan.

Langkah 1

Pertama, potong dua bagian dari papan mount, menggunakan gunting. Orang dewasa dapat membantu anak-anak yang lebih muda dengan ini. Satu potong persegi panjang – 11 inci x 3 inci dan yang lainnya adalah lingkaran setengah diameter 5 inci.

Langkah 2

Warnai potongan papan setengah lingkaran dengan tujuh warna pelangi seperti yang ditunjukkan pada gambar. Anak-anak dapat menggunakan pena sketsa atau pastel minyak untuk melakukannya. Urutan warna pelangi, ketika disebut sebagai VIBGYOR mudah diingat.

V – Violet |   I- Indigo |   B- Blue |   G- Hijau |   Y- Kuning |   O-Orange |   R- Merah

Langkah 3

Potong tiga bentuk awan dari sepotong abu-abu. Ini akan menjadi awan gelap kami, hujan. Jika Anda tidak merasa, Anda dapat menggunakan kertas abu-abu. Namun, menggunakan feel memungkinkan anak-anak untuk mengeksplorasi materi baru.

Langkah 4

Dengan awan gelap yang menutupi langit, saatnya bersiap untuk hujan … saatnya untuk membuat payung!

Cara mudah untuk membuat payung adalah dengan menggunakan cupcake liners. Gunakan dua pelapis untuk membuat satu payung sehingga tidak terlalu tipis. Buat lubang dengan tusuk bambu di tengah liner dan masukkan pembersih pipa. Tekuk pembersih pipa untuk membentuk alfabet ‘J’; ini akan menjadi pegangan payung.

 

Tip:   Pembersih pipa memiliki warna yang berbeda dan mudah ditekuk. Banyak bentuk dan karakter dapat dibuat dengan mereka. Dapatkan beberapa untuk anak-anak Anda. Mereka akan menikmati mengeksplorasi kemungkinan bersama mereka. Mereka mudah tersedia di toko kerajinan tangan atau kerajinan yang bagus.

Liners cupcake atau liner muffin tersedia di toko perlengkapan kue atau barang pesta. Jika Anda tidak menemukan mereka, payung juga bisa dibuat dengan kertas grafik. Potong lingkaran dengan ukuran yang sesuai, beri celah ke tengah dan buat bentuk kerucut. Masukkan pembersih pipa atau tusuk gigi untuk pegangan.

Kerajinan Anak TK/SD DIY | Hiasan Kreatif Seperti Hujan
Kerajinan Anak TK/SD DIY | Hiasan Kreatif Seperti Hujan

Langkah 5

Sekarang saatnya untuk membuat hujan. Pertama, potong bentuk tetesan hujan di selembar kertas grafik biru muda. Setiap potongan tetesan hujan memiliki tinggi sekitar 3 inci dan lebar 1,5 inci di dasar. Anda akan membutuhkan empat bagian untuk membuat satu tetes hujan 3D. Ikuti gambar di bawah ini untuk membuat hujan 3D. Ini semacam tema origami.

Langkah 6

Setelah semua elemen siap, saatnya untuk merakitnya untuk membuat ponsel.

Tutup potongan papan persegi panjang dengan kertas grafik berwarna biru tua dan potong dengan ukuran yang sama dengan bagian papan mount. Pasang potongan pelangi dari belakang.Berikan sepotong pelangi loop untuk menggantung.

Sekarang lem tiga benang / string ke bagian persegi panjang. Gunakan string yang lebih panjang (sekitar 12 inci panjang) di tengah dan yang lebih pendek (kira-kira 9-inci panjang) di kedua sisinya.

Tempelkan awan yang dirasakan pada bagian persegi panjang biru seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini, yang menutupi ujung string.

Selanjutnya, pasang air hujan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, lem dua potong dengan tali di tengah untuk membentuk satu tetes hujan 3D. Anda dapat memiliki dua tetes hujan 3D pada string yang lebih panjang dan satu tetes hujan 3D pada yang lebih pendek.

Baca Juga:  Plakat Jogja

Di akhir setiap string, pasang payung. Hanya perlu mengikat benang di ujung pipa-bersih untuk ini. Anda dapat menyembunyikan simpul dengan menempelkan manik-manik.

Ini adalah bagaimana ponsel akan terlihat setelah merakit semua elemen. Saya telah memasukkan beberapa manik-manik berwarna-warni agar terlihat lebih menarik. Jika Anda ingin melakukannya juga, berikan mereka melalui tali, sebelum menempelkan setiap tetesan hujan dan sebelum mengikat payung. Saya juga menggambar guntur dengan pena perak berkilau di sekitar awan, di langit biru yang gelap. Anak-anak yang lebih muda mungkin tidak dapat membuat hujan 3D, sehingga mereka hanya dapat menempelkan bentuk hujan di kedua sisi tali.

Semoga Anda menyukai Ponsel Hujan Hari Ini Android ini. Ini adalah kegiatan yang menyenangkan dengan anak-anak kecil, terutama pada hari hujan, menciptakan dan menikmati bersama di dalam ruangan.

Belajar untuk anak-anak melalui kegiatan ini:

  • Semua tentang hari hujan: Bagaimana hujan, payung untuk melindungi kita, bagaimana pelangi terbentuk, warna pelangi.
  • Latihan mewarnai: Cara mewarnai pelangi.
  • Mengetahui bentuk yang berbeda.
  • Menjelajahi materi yang berbeda dan menggunakannya dengan cara yang unik.
  • Memahami dan menciptakan objek 3 dimensi.
  • Melibatkan keterampilan kerajinan dasar seperti memotong, menempel, mengikat, manik-manik, dll, yang meningkatkan keterampilan motorik kasar.

(Penulis adalah seorang arsitek, perajin freelance dan pendiri Craft Express. Ikuti dia di   Facebook   dan di Instagram @ vaishali.craftexpress.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *